Friday, August 17, 2012

Etimologi Asal Usul Nama Honda BRIO City Car

Pada postingan Blog Honda Brio Indonesia kali ini mengangkat judul "Etimologi Asal Usul Nama Honda BRIO City Car" yang akan menguak misteri atau alasan honda memberi nama City Car anyar mereka dengan nama BRIO.

Setelah makin maraknya mobil mungil berkapasitas kecil namun irit bahan bakar (BBM) dan mengatasi masalah ruang, sekarang giliran Honda yang unjug gigi di segmen pasar City Car yang irit dan ramah lingkungan.

Ya, 2 Agustus 2012 kemarin adalah momen berharga dimana pada saat itu Honda telah meluncurkan "adik" Jazz yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil yaitu 1300cc. Nama "adik baru" Honda Jazz ini adalah BRIO. Ya.., "Brio" B.R.I.O. Terlintas dalam benak saya, apakah "BRIO" ini berasal dari kata "EMBRIO" E-M-B-R-I-O yang maknanya sebuah eukariota diploid multisel dalam tahap paling awal dari perkembangan (wikipedia)?

Hampir ada persamaan memang, HONDA BRIO bisa dibilang embrionya City Car yang memiliki dapur pacu kecil namun begitu bertenaga dikelasnya, sedangkan pangsa pasar untuk mobil kecil yang bisa dipake sliweran di kota-kota besar ini masih terus berkembang layaknya sebuah embrio. Dari sinilah saya berkesimpulan bahwa Honda memberi nama BRIO B-R-I-O terinspirasi dari bahasa yunani tersebut dan melihat kondisi pasar mobil kutu yang menawan dan menggiurkan. Lagipula, ini pertama kalinya, ya.... bisa dibilang mrawani (istilah orang jawa untuk melakukan hal yang baru pertama kali dilakukan).

Saya kemudian berusaha googleing mencari apa inspirasi atau hal yang mendasar dalam pemberian nama tersebut melalui google. Memang, nama adalah sebagian dari doa hal ini tertoreh pula dalam nama HONDA BRIO yang ternyata diambil dari bahasa Italia yang berarti energik dan ceria. Ya, itu tertuang dalam guratan garis khas honda dan design grill dan bumper depan yang berkesan keceriaan dan energik seperti anak muda dan memang pembuatan Honda Brio ini sepertinya membidik pengguna single.

Kabar sebelumnya Honda Brio yang akan beredar di Indonesia memiliki kapasitas silinder 1200cc namun ternyata telah diumumkan bahwa Honda Brio Indonesia berkapasitas silinder 1300 cc L13A i-VTEC.

Honda Brio Indonesia terbagi menjadi 4 varian yaitu:
Honda Brio E MT
Honda Brio S MT
Honda Brio E AT
Honda Brio S AT

Spesifikasi dasar untuk mesin Honda Brio Indonesia semua tipe sama yaitu menggunakan tipe 1.3L SOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC + DBW, PGM-FI, Daya Maksimum 73(100)/6000, dan momen puntir 13(127)/4800.

Spesifikasi Honda Brio dari segi dimensi semua tipe sama yaitu 3.610mm(P)x1.680mm(L)x1.485mm(T), Jarak sumbu roda 2.345mm, Jarak pijak depan dan belakang 1.480mm dan 1.465mm, Radius putar 4,5m dan kapasitas tangki BBM 35 liter.

Spesifikasi dari segi transmisi semua jenis sama termasuk Grade Logic Control dan Shift Hold System.

Spesifikasi sistem kemudi Honda Brio semua tipe sama Rack & Pinion + EPS dan Tilt Steering.

Spesifikasi sistem suspensi Honda Brio semua jenis sama yaitu McPherson Strut untuk bagian depan dan bagian belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam.

Spesifikasi sistem pengereman Honda Brio semua tipe sama yaitu Ventilated Disc untuk bagian depan dan bagian belakang menggunakan Drum, Semua tipe Honda Brio Indonesia sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Spesifikasi Ban semua tipe Honda Brio sama yaitu berukuran 175/65 R14 sedangkan untuk Velg menggunakan Trim Wheel 14' pada Honda Brio S AT dan Honda Brio S MT sedangkan untuk tipe E AT dan E MT menggunakan velg yang lebih sporty yaitu Alloy Wheel 4'.

Spesifikasi exterior Honda Brio Indonesia semua tipe sama yaitu Chrome Front Grille, LED High Mount Stop Lamp, Tail Gate Spoiler, Rear Reflector, sedangkan pada Side Door mirror dan door handle berwarna hitam pada Honda Brio S AT dan S MT. Sedangkan untuk tipe E AT dan E MT sewarna dengan body mobil.

Spesifikasi Interior HondaBrio Indonesia semua tipe sama seperti MIL, ECO Indicator, Neck Shock Mitigation Seat, Key and Lamp Indikator, Power Door Mirror, Power Window (E AT & E MT only, S type Front only), Power Outlet, Green Glass, Seat Back Pocket (E type only), Sunvisor with Vanity Mirror (E type only), Grab Rail (x 3) (E type only), 5 Cup Holder, Rear Seat Fold Down, warna interior beige, footrest (all matic engine type only).

Spesifikasi sistem keselamatan Honda Brio semua tipe sama yaitu dari struktur rangka body G-COB + ACE, Pedestrian Protection, Side Impact Beam, Dual SRS AIRBAG (i-SRS driver side), Sabuk pengaman depan 3P ELR x2 - belakang 3P ELR x2 + 3P ELR x1. dan Pritentioner with load limiter.

Spesifikasi sistem keamanan Honda Brio Semua tipe sama yaitu Wave key dan Immobilizer, sedangkan Keyless Entri dan Security Alarm System hanya di Honda Brio Tipe E saja.

No.ModelHarga *
1. Honda Brio S Manual Rp. 149.000.000
2. Honda Brio S Otomatis Rp. 159.000.000
3. Honda Brio E Manual Rp. 160.000.000
4. Honda Brio E Otomatis Rp. 170.000.000



Demikianlah tulisan yang saya beri judul "Etimologi Asal Usul Nama Honda BRIO City Car" semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. Bersama kami judi online terbaik
    Deposit Via OVO + Proses Transaksi Lebih Praktis, Aman, Tanpa Jam Offline
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www.bolavita88.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995
    Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete